Perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Ekonomi (Suatu penelitian di kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo)

Main Author: FEEGGY ELISSA SANDRI DJUUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Dan
Di
X
Sma
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408154/perbedaan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-dan-student-teams-achievement-divisions-stad-pada-mata-pelajaran-ekonomisuatu-penelitian-di-kelas-x-sma-negeri-4-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Feeggy Elissa Sandri Djuuna NIM: 211 408 154.2012. Perbedaan hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Ekonomi (Suatu Penelitian dikelas X SMA Negeri 4 Gorontalo) Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dibawah bimbingan Drs. Maha Atma Kadji, M.Si selaku Pembimbing I dan Agil Bachsoan S.Ag, M.Ag selaku pembimbing II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana teknik tes dalam penelitian ini menjadikan tes sebagai alat ukur perbandingan hasil belajar kelas eksperimen (X1) dan kelas eksperimen (X2). Selain teknik tes untuk melakukan pengumpulan data digunakan tekhnik obsevasi. Metode analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu melalui uji kesamaan berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung 5,39 sedangkan t daftar pada taraf nyata 5% dan dk = 58 diperoleh nilai tdaftar = 2,02. Sehingga hipotesis penelitian yang berbunyi terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Student teams Achievement Divisions(STAD) pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Gorontalo dapat diterima dan teruji kebenarannya. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci : hasil belajar, Model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, STAD.