MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS/EKONOMI, MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD DI KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 03 PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO

Main Author: FATRIYANTI KODU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Lcd
Di
Smp
03
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408055/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ipsekonomi-melalui-penggunaan-media-pembelajaran-lcd-di-kelas-viii-semester-genap-smp-negeri-03-paguyaman-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fatriyanti Kodu. NIM. 211 408 055. 2012.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS/Ekonomi, Melalui Penggunaan Media Pembelajaran LCD di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 03 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, Pembimbing II :Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikajidalampenelitianiniadalahApakahdenganmenggunakanmedia pembelajaran LCD dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa di kelas VIII semester genap SMPNegeri 03 PaguyamanKabupatenBoalemoKabupatenBoalemo? Sedangkantujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenggunaan media pembelajaran LCD dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa di kelasVIII semestergenap SMP Negeri 03 PaguyamanKabupatenBoalemo. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas.Teknikpengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikobservasi, dandokumentasi.Sedangkanteknikanalisis data dilakukandengananalisisdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa media pembelajaran LCDdapatdigunakansebagaisalahsatumedia dalampembelajaranIPS Ekonomikarenameningkatkanhasilbelajarsiswakelas VIIISMP Negeri 3 PaguyamanKabupatenBoalemo. Capaianhasilbelajarsiswamengalamipeningkatandariobservasiawalhanya 10 siswa (38.46%) yang menunjukkanhasilbelajar yang tuntas. PadasiklusI persentasesiswa yang mencapaihasilbelajartinggimencapai 17 siswa (65.38%), sedangkanpadasiklus II jumlahsiswa yang mencapaihasilbelajarsiswatinggimeningkatmenjadi 23 siswa (88.46%) Terkaittemuanpenelitianmakadisarankanbeberapahalsebagaiberikut; a) media pembelajaran LCDhendaknyadapatdijadikansebagaisalahsatumediadalampembelajaranIPS ekonomikarenasecarariilmelaluipenelitianinimampumeningkatkanhasilbelajarsiswa, b) perluadanyabimbingansecararutinkepada guru untukmenggunakanmedia pembelajaran LCDsehinggasetiap guru memilikikemampuan yang baikdalammenggunakan media inidan c) perludukunganfasilitaspembelajaranIPS ekonomi yang representatifgunamendukungimplementasimedia pembelajaran LCD dalampembelajaran Kata Kunci: HasilBelajarSiswa, Media Pembelajaran LCD