Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 9 Wonosari

Main Author: WIDAYANTI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ips
Di
9
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408043/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melaluimodel-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-pada-mata-pelajaran-ips-kelas-viii-di-smpnegeri-9-wonosari.html
Daftar Isi:
  • ABSTARK Widayanti. Nim 211 408 043. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 9 Wonosari. Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tepatnya guru dalam memilih model pembelajaran serta rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ndegeri 9 Wonosari pada mata pelajaran IPS yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa belum optimal yang disebabkan karena siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi sehingga perlu dicari alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran lebih berorientasi pada siswa secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajarn IPS Kelas VIII di SMP Negeri 9 Wonosari. Analisis dan refleksi dalam rangka pengujian hipotesis tindakan dilakukan secara bertahap dengan berkesinambungan pada akhir kegiatan dari setiap siklus, dengan indikator kinerja 87,5% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 75. Data hasil penelitian ini menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh 31,25% (5 orang siswa) yang memperoleh nilai 75 ke atas dengan rata-rata kelas 71. Hasil yang diperoleh dalam siklus I ini belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II ini terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu dari 16 siswa yang dikenai tindakan 87,5% (14 orang siswa) memperoleh nilai rata-rata kelas 80,93. Dengan demikian indikator kinerja yang berbunyi apabila 80% atau 87,5% dari 16 orang siswa sudah dapat meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran IPS tercapai. Disamping itu juga hipotesis tindakan yang berbunyi : jika guru menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS akan meningkat. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif dan Hasil Belajar Siswa