Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII B dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo
Main Author: | SRI RAHAYU DAI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408035/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-vii-b-dengan-menggunakan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-student-teams-achievement-divisions-di-smp-negeri-1-tolangohula-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sri Rahayu Dai 211 408 035. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VII B dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Tolangohula). Skripsi Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Hj. Salma Boutha, M.Pd, dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Kemudian data dianalisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Berdasarkan analisis data maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi, yakni pada Siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 69.27 dan ketuntasan klasikal sebesar 63.33%. Pada Siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 78,20 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 86,67%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi Jika guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan Model Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri I Tolangohula Kabupaten Gorontalo dapat diterima Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions)