Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari
Main Author: | ROFIT TAHSIM |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408030/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penggunaanmodel-pembelajaran-kooperatif-tipe-two-stay-two-stray-pada-mata-pelajaranips-di-kelas-viii-smp-negeri-5-satu-atap-wonosari.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rofit Tahsim. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, Pembimbing II Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah Apakah pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari?. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Satu Atap Wonosari, dengan subjek penelitian adalah kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variabel output dari penelitian ini berupa meningkatnya hasil belajar siswa kelas VIII yang memperoleh nilai 80 pada mata pelajaran IPS meningkat dari 40% menjadi minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal dari jumlah 20 orang siswa hanya 40% siswa yang mendapat hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata 61,25. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi menjadi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,40 (65% siswa dengan kriteria belajar tuntas) pada siklus I dan 85,10 (90% yang tuntas belajar) pada siklus II Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Two Stay Two Stray.