Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 07 Wonosari Kabupaten Boalemo
Main Author: | MULYAWATI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408025/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-pada-mata-pelajaran-ips-kelas-iv-di-sdn-07wonosari-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 07 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Boutha, M.Pd dan Pembimbing II Radia Hafid, S.Pd, M.Si Tahun 2012. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 07 Wonosari Kabupaten Boalemo?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV pada SDN 07 Wonosari Kabupaten Boalemo. Analisis dan refleksi dalam rangka pengujian hipotesis tindakan dilakukan secara berkesinambungan pada akhir kegiatan dari setiap siklus, dengan indikator kinerja 85% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 70. Data hasil penelitian ini menggunakan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh 43,75% (7 orang siswa) yang memperoleh nilai 70 keatas dengan rata-rata 72,12. Hasil yang diperoleh dalam siklus I ini belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II ini terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yaitu dari 16 siswa yang dikenai tindakan 87.5% (14 orang siswa) memperoleh nilai 70 keatas cdengan nilai rata-rata 80,9. Dengan demikian indikator kinerja yang berbunyi apabila 85% atau 87,5% dari 16 orang siswa sudah dapat meningkatkan hasil belajarnya pada mata pelajaran IPS tercapai. Disamping itu juga hipotesis tindakan yang berbunyi jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw maka hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS akan meningkat. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Dan Hasil Belajar Siswa