021 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Klas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari

Main Author: MARTIN ASUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
021
Ips
Smp
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408021/021-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melaluimodel-pembelajaran-kooperatif-tipe-number-head-together-nht-pada-matapelajaran-ips-klas-viib-smp-negeri-4-wonosari.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Martin Asuna Nim 211 408 021 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Klas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari khususnya pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 33,33% menjadi 80,95% atau rata-rata kelas 62,9 menjadi 73,8. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT), maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Wonosari akan meningkat, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran NHT.