Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Klas VII SMP Negeri 4 Wonosari
Main Author: | ERNI ABDUL |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408010/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-modelpembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-pada-mata-pelajaran-ips-klas-vii-smpnegeri-4-wonosari.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Erni Abdul Nim 211 408 010 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Klas VII SMP Negeri 4 Wonosari. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari khususnya pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 36% menjadi 81,81% atau rata-rata kelas 6,41 menjadi 7,32. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe JIGSAW, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wonosari akan meningkat, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.