Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Karya Wisata Pada Anak Kelompok B di TK Berlian Biontong 1 Kecamatan Bolangitang Timur

Main Author: ROSTIN IBUNU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
B
Di
Tk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153413079/meningkatkan-kemampuan-mengenal-warna-melalui-metode-karya-wisata-pada-anak-kelompok-b-di-tk-berlian-biontong-1-kecamatan-bolangitang-timur.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rostin Ibunu. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Karya Wisata Pada Anak Kelompok B di TK Berlian Biontong 1 Kecamatan Bolangitang Timur. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd., M.Pd. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan mengenal warna dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode karya wisata di TK Berlian Biontong 1 Kecamatan Bolangitang Timur. Metode yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal warna pada kegiatan siklus I dan II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode karya wisata dapat meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok B di TK Berlian Biontong 1 Kecamatan Bolangitang Timur. Pada observasi awal dari 26 orang anak hanya terdapat 8 orang atau 31% yang mampu. Kemampuan anak pada pada siklus I, bahwa secara klasikal terdapat 16 orang anak atau 62% sudah mampu mengenal warna. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan anak yang sudah mampu mengenal warna terdapat 21 orang atau sebesar 81%. Kata Kunci : Warna, Karya Wisata