PENGARUH PERMAINAN KELOMPOK TERHADAP PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK KIHAJAR DEWANTORO 5 KELURAHAN MOODU KECAMATAN KOTA TIMUR KOTA GORONTALO

Main Author: DEWI MUTIA MOKODOMPIT
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
B
Di
Tk
5
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153413036/pengaruh-permainan-kelompok-terhadap-prososial-anak-kelompok-b-di-tk-kihajar-dewantoro-5-kelurahan-moodu-kecamatan-kota-timur-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dewi Mutia Mokodompit, 153 413 036. Pengaruh Permainan Kelompok Terhadap Prososial Anak Kelompok B Di TK Kihajar Dewantoro 5 Kelurahan Moodu Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan PG Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Usman Samatowa, M.Pd, Ph.D Pembimbing II Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons. Latar belakang penelitian berdasarkan beberapa masalah yang nampak pada anak-anak yang berada di TK Kihajar Dewantoro 5 Kelurahan Moodu Kecamatan Kota Gorontalo yang menunjukan perilaku prososial yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kelompok terhadap prososial anak kelompok B di TK Kihajar Dewantoro 5 Kelurahan Moodu Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Anggota sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak-anak kelompok B di TK Kihajar Dewantoro Kelurahaan Moodu Kecamatan Kota Timut Kota Gorontalo, yang kemudian dipilih untuk menjadi sampel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket). Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis dan dari tabel distribusi t untuk = 0.05 dan dk n1 + n2 - 2 = 28 diperoleh t-tabel = (0.05/2 ; 15 + 15 - 2) = (0.025 ; 28) = 2,368 dan t-hitung = -4,207. Karena 4,207 > 2,368 atau t-hitung> t-tabel maka H0 ditolak sehingga menerima H1 yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan permainan kelompok terhadap prososial anak di TK Kihajar Dewantoro 5 Kelurahan Moodu Kecamatan Kota Gorontalo. Kata Kunci : Permainan Kelompok, Prososial Anak.