IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NILAI AGAMA MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MENARA ILMU KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: ESKAMEYTI NUWA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
5-6
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153413009/implementasi-pembelajaran-nilai-agama-moral-pada-anak-usia-5-6-tahun-di-paud-menara-ilmu-kecamatan-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Eskameyti Nuwa. Skripsi. 2018. Implementasi Pembelajaran Nilai Agama Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. H.Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Dr. Setiyo Utoyo, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yakni bagaimanakah implementasi pembelajaran nilai agama moral pada anak usia 5-6 Tahun di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran nilai agama moral pada anak usia 5-6 Tahun di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru telah mampu memunculkan indikator dari pembelajaran nilai agama moral. Pembelajaran nilai agama moral pada anak usia dini dilakukan oleh guru mulai dari memandu anak dalam mengucapkan doa pendek sampai dengan menceritakan sejarah singkat tentang tokoh keagamaan. Dalam pelaksanaan pembelajaran anak-anak telah mengikuti apa yang dipandu oleh guru. Dalam pelaksanaannya anak-anak sangat antusias dalam mengikutinya, hal ini menandakan bahwa materi yang disajikan oleh guru benar-benar dipahami oleh anak. Kesimpulan dari hasil penelitian yakni implementasi pembelajaran nilai agama moral pada anak usia 5-6 Tahun di PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo sudah sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci : Pembelajaran, Nilai Agama dan Moral.