MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGKLASIFIKASI BENDA BERDASARKAN WARNA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK A ANGGREK MEKAR KECAMATAN TILONGKABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: HAIRUN USMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Di
Tk
A
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153412093/meningkatkan-kemampuan-anak-mengklasifikasi-benda-berdasarkan-warna-melalui-metode-demonstrasi-di-tk-a-anggrek-mekar-kecamatan-tilongkabila-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hairun Usman, 2016. Meningkatkan Kemampuan Anak Mengklasifikasi Benda Berdasarkan Warna Melalui Metode Demonstrasi di TK A Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Usman Samatowa, Ph.D pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitin ini adalah "apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan anak mengklasifikasi benda berdasarkan warna di TK A Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak mengklasifikasi benda berdasarkan warna melalui metode demonstrasi di TK A Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian menujukkan data observasi awal dari 20 orang anak terdapat 7 orang anak (35%) yang mampu mengklasifikasi benda berdasarkan warna, setelah dilaksanakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 11 orang anak (55%) kemudian pada siklus II lebih meningkat menjadi 16 orang anak (80%) sudah mampu mengklasifikasikan benda berdasarkan warna dengan benar. Berdasarkan kesimpulan bahwa melalui metode demonstrasi kemampuan anak dalam mengklasifikasi benda berdasarkan warna di TK A Anggrek Mekar Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango mengalami peningkatan. Kata kunci : mengklasifikasi benda berdasarkan warna, metode demonstrasi.