ANALISIS PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN MAKRO DI KELOMPOK B PAUD MENARA ILMU KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: RAILAN M. TUNA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Di
B
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153412054/analisis-pembelajaran-bermain-peran-makro-di-kelompok-b-paud-menara-ilmu-kecamatan-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Railan M. Tuna 2017 Analisis Pembelajaran Bermain Peran Makro di Kelompok B PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Ruslin W. Badu M.Pd dan Pembimbing II Dra. Tuti Wantu M.Pd,Kons Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran bermain peran makro di Kelompok B PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripksikan pembelajaran bermain peran makro di Kelompok B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bermain peran makro di Kelompok B PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo telah dilakukan dengan baik berdasarkan indikator, menata lingkungan yang akan digunakan untuk bermain, menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk bermain, mengumpulkan anak anak untuk menerangkan teknik dan aturan main, menawarkan kepada anak untuk memilih peran yang akan mereka mainkan, anak bermain sesuai dengan perannya, dan mengawasi kegiatan bermain anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Bermain Peran Makro di Kelompok B PAUD Menara Ilmu Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo telah dilakukan dengan baik. Kata kunci : Bermain Peran Makro