DESKRIPSI KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN FINGER PAINTING KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN SIPATANA KOTA GORONTALO
Main Author: | RUMINARSIH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153412026/deskripsi-kreativitas-anak-menggunakan-finger-painting-kelompok-b-di-tk-negeri-pembina-kecamatan-sipatana-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ruminarsih, 2016. Deskripsi Kreativitas Anak Menggunakan Finger Painting Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.PdM.Pd, dan pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kreativitas anak dalam menggunakan finger painting. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini dapat diperoleh langsung dari informan sekolah yaitu orang-orang yang terlibat langsung dalam sekolah seperti kepala sekolah dan guru-guru. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa kreativitas anak menggunakan finger painting kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo dapat dideskrepsikan melalui 4 hal yaitu : pribadi, yaitu anak mampu berinteraksi dengan temannya pada kegiatan finger painting, pendorong yaituanak memiliki dorongan dari guru untuk melakukan kegiatan finger painting, proses yaitu, anak melakukan proses kegiatan finger painting, produk yaitu, anak menghasilkan karya melalui kegiatan finger painting. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kreativitas anak menggunakan finger painting secara pribadi, pendorong (Press), proses dan produk pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo sudah maksimal. Kata kunci : kreativitas, Finger painting