HUBUNGAN MANFAAT METODE OUTBOUND DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSI ANAK KELOMPOK B DI TK AMAL BHAKTI DESA KOTAJIN UTARA KECAMATAN ATINGGOLA KABUPATEN GORONTALO UTARA

Main Author: INDRI PUDJIONO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
B
Di
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153412024/hubungan-manfaat-metode-outbound-dengan-perkembangan-sosial-emosi-anak-kelompok-b-di-tk-amal-bhakti-desa-kotajin-utara-kecamatan-atinggola-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Indri Pudjiono. 2016. Hubungan Manfaat Metode Outbound Dengan Perkembangan Sosial-Emosi Anak Kelompok B Di TK Amal Bhakti Desa Kotajin Utara Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Samsiah, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing (II) Nunung Suryana Jamin, SE. M.Si. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Manfaat Metode Outbound dengan Perkembangan Sosial-Emosi Anak Kelompok B Di TK Amal Bhakti Desa Kotajin Utara. Desain pengujian ini adalah penelitian korelasi. Populasi/sampel pada siswa kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian angket, Observasi, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan manfaat metode outbound dengan perkembangan sosial-emosi anak dengan perkembangan sosial-emosi anak kelompok B yang dibuktikan dengan rata-rata hasil perkembangan anak pada perlakuan yang diberikan, dengan nilai koefisien korelasi (r_xy) sebesar - 0,935. Untuk pengujian hipotesis sendiri diperoleh hasil dari t hitung yakni 11, 161 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian adalah bahwa terdapat hubungan manfaat metode outbound dengan perkembangan sosial-emosi anak. Kata Kunci: Manfaat Metode Outbound, Perkembangan Sosial-Emosi Anak