Deskripsi implementasi Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo

Main Author: ALINA M. GANI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
B
Di
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153412020/deskripsi-implementasi-metode-bernyanyi-pada-anak-kelompok-b-di-tk-negeri-pembina-kihajar-dewantoro-kota-selatan-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Alina M Gani, 2017. Deskripsi implementasi Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihajar Dewantoro Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Ruslin W. Badu, M,Pd dan Pembimbing II Samsiah, S,Pd, M,Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasi metode bernyanyi pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina KI Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi metode bernyanyi pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina KI Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukan bahwa deskripsi implementasi metode bernyanyi pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina KI Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo adalah 1) Guru mengetahui dengan jelas isi pokok materi yang diajarkan 2) Merumuskan dengan benar informasi/konsep /fakta materi baru apa saja yang harus dikuasai/ dihafalkan peserta didik 3) Memilih nada lagu yang familiar dikalangan peserta didik 4) Menyusun informasi/ konsep/ fakta materi yang kita inginkan untuk dikuasai peserta didik ke dalam bentuk lirik lagu yang disesuaikan dengan nada lagu yang dipilih 5) Guru harus mempraktikan terlebih dahulu menyanyikan dan di waktu mengajarkan nyanyian tersebut di bantu dengan alat pembelajaran 6) Mendemonstrasikanya bersama-sama secara berulang-ulang 7) Usahakan untuk diikuti dengan gerak tubuh yang sesuai 8) Mengajukan pertanyaan seputar materi tersebut untuk mengukur apakah anak sudah dapat menghafal dan menguasainya melalui lagu yang dinyanyikan tersebut Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa deskripsi implementasi metode bernyanyi pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina KI Hadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo sudah di terapkan Kata Kunci : Metode Bernyanyi, Anak