Analisis Kemampuan Sains Sederhana Pada Anak Kelompok B TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo

Main Author: FATMAWATI RADJAK
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
B
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411093/analisis-kemampuan-sains-sederhana-pada-anak-kelompok-b-tk-pinaesaan-kecamatan-tibawa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Fatmawati Radjak. NIM. 153411093. 2013. Analisis Kemampuan Sains Sederhana Pada Anak Kelompok B TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd. dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimana kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa dari 9 anak kelompok B yang mengetahui warna primer berjumlah 5 orang (56%) sedangkan yang tidak tahu warna primer berjumlah 4 orang (44%). Dari 9 anak kelompok B sebagian besar belum mengenal warna sekunder yakni berjumlah 5 orang (56%) sedangkan yang tahu warna sekunder hanya berjumlah 4 orang (44%). Dari 9 anak kelompok B sebagian besar belum mengenal warna tertier yakni berjumlah 6 orang (67%) sedangkan yang tahu warna tertier hanya berjumlah 3 orang (33%). Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan sains sederhana pada anak kelompok B TK Pinaesaan Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dalam hal ini kemampuan mengenal warna masih rendah. Kata Kunci: Sains Sederhana, Anak