Meningkatkan Sosial Emosional Anak Melalui Seni Tari Kreasi di kelompok B Pada TK Negeri Pembina Sipatana KotaGorontalo

Main Author: MILAWATY EKI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
B
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411092/meningkatkan-sosial-emosional-anak-melalui-seni-tari-kreasi-di-kelompok-b-pada-tk-negeri-pembina-sipatana-kotagorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Milawaty Eky, 2015 "Meningkatkan Sosial Emosional Anak Melalui Seni Tari Kreasi di kelompok B Pada TK Negeri Pembina Sipatana KotaGorontalo", Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Program S-1 PAUD, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Drs. Hi. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui seni tari kreasi di kelompok B Pada TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan Sosial Emosional Anak Melalui Seni Tari Kreasi di Kelompok B Pada TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud memberikan gambaran terhadap peningkatan sosial emosional anak di kelompok B pada TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Hasil siklus I diperoleh data untuk prosentase rata-rata peningkatan sosial emosional anak pada aspek, (a) kerja sama, (b) disiplin, (c) percaya diri, (c) mandiri, diperoleh kriteria mampu 65%. Pada siklus II diperoleh data untuk prosentase rata-rata peningkatan sosial emosional anak pada aspek, (a) kerja sama, (b) disiplin, (c) percaya diri, (c) mandiri, diperoleh kriteria mampu 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui seni tari kreasi sosial emosional anak di kelompok B Pada TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Oleh karena itu seni tari kreasi dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan sosial emosional anak pada TK agar tercipta kerja sama, disiplin, percaya diri, dan mandiri dalam diri anak. Kata Kunci : Sosial Emosional, Seni Tari Kreasi