Deskripsi Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo
Main Author: | NURNANINGSIH AHMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411069/deskripsi-pengenalan-bentuk-geometri-pada-anak-usia-4-5-tahun-di-tk-teratai-kecamatan-boliyohuto-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nurnaningsih Ahmad. 2015. "Deskripsi Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rena L. Madina, M.Pd, dan Pembimbing II, Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk menggambarkan secara jelas tentang Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Metode pendekatan penelitian digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo dilaksanakan melalui dua kegitatan yaitu: guru memberikan bimbingan, guru sebagai demonstrator. Guru memberikan bimbingan dilakukan dengan cara membimbing anak yang belum mampu mengenal bentuk geometri. Guru sebagai demonstrator dilakukan dengan cara memperagakan contoh bentuk geometri dengan menggunakan playdough. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Teratai Kecamatan Boliyohuto Kabupaten gorontalo telah dijalankan namun belum maksimal. Kata Kunci: Bentuk Geometri, 4-5 Tahun