PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DAMHIL DWP UNG KOTA GORONTALO
Main Author: | AHMAD HIOLA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411067/peran-guru-dalam-mengembangkan-kemampuan-menyimak-cerita-pada-anak-kelompok-b-di-tk-damhil-dwp-ung-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- AHMAD HIOLA, 2016, PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DAMHIL DWP UNG KOTA GORONTALO. TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH MENCARI TAHU BAGAIMANAKAH PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DAMHIL DWP UNG KOTA GORONTALO. YANG MENJADI FOKUS PENELITIAN PENELITI ADALAH PERAN GURU SEBAGAI PERENCANA, PELAKSANA, DAN PENILAI YANG DIKEMUKAKAN OLEH ABIN SYAMSUDIN. GURU SEBAGAI PERENCANA, PENELITI TEMUKAN BAHWA GURU DI TK DAMHIL MEMBUAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERKAIT DENGAN MENYIMAK CERITA SEHARI SEBELUM PEMBELAJARAN BERLANGSUNG. GURU SEBAGAI PELAKSANA, PENELITI TEMUKAN BAHWA GURU DI TK DAMHIL DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA SELALU MEMBUAT INOVASI-INOVASI SEPERTI MODULASI SUARA DALAM BERCERITA, MENGANTAR CERITA DENGAN LAGU YANG RELEVAN, DAN MENEMPELKAN GAMBAR-GAMBAR YANG SESUAI DENGAN CERITA PADA DINDING KELAS. GURU SEBAGAI PENILAI, GURU SELALU MENILAI PERKEMBANGAN ANAK DIDIK DAN JUGA MENJADIKAN INSTRUMEN PENILAIAN INI SEBAGAI BENTUK INTROPEKSI GURU, DAN PENELITI MENEMUKAN JUGA BAHWA SEBAGIAN BESAR GURU DI TK DAMHIL KESULITAN DALAM MEMBUAT GAMBAR-GAMBAR YANG SESUAI DENGAN ALUR CERITA ANAK.