PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DALAM SENAM IRAMA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA KIHADJAR DEWANTORO KECAMATAN KOTA SELATAN KOTA GORONTALO
Main Author: | RIZKY AMELIA PAKAYA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411051/pengembangan-kemampuan-motorik-kasar-dalam-senam-irama-pada-anak-kelompok-b-di-tk-negeri-pembina-kihadjar-dewantoro-kecamatan-kota-selatan-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rizky Amelia Pakaya, 2015. Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Dalam Senam Irama Pada Anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PG-PAUD Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Dalam Senam Irama Pada Anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Dalam Senam Irama Pada Anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi wawancara dan studi dokumen. Sumber data adalah pengembangan kemampuan motorik kasar dalam senam irama pada anak kelompok B. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Dalam Senam Irama Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, dari 22 orang anak ada 13 orang anak yang mampu dalam melincahkan dan mengkoordinasikan gerakkan pada saat senam dan 9 orang anak yang kurang beraktivitas dalam melincahkan dan mengkoordinasikan gerakan pada saat senam, karena anak masih malu-malu dan malas mengikuti gerakkan senam yang dicontohkan oleh guru. Kata Kunci : Motorik Kasar, Senam Irama