peran guru dalam mengembangkan motorik halus di kelompok B TK negeri pembina kecamatan sipatana kota gorontalo

Main Author: ZUL INTAN VAN GOBEL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
B
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411033/peran-guru-dalam-mengembangkan-motorik-halus-di-kelompok-b-tk-negeri-pembina-kecamatan-sipatana-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Zul Intan Van Gobel. 2015. Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mohamad Zubaidi, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Halim K. Malik, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak di kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan analisis data digunakan melalui prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan motorik halus anak tidak lepas dari empat kompetensi guru yaitu kompetensi kepribadian guru, kompetensi pedagogik guru, kompetensi profesional guru dan kompetensi sosial guru. Dari hasil temuan tersebut, menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak di kelompok B TK Negeri Pembina telah dilaksanakan sesuai dengan landasan kompetensi yang dimiliki oleh para guru. Sehingga dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak sangat dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Kata Kunci: Peran Guru, Motorik Halus