PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK PADA KEGIATAN MENCETAK KELOMPOK A DI TK NEGERI PEMBINA SIPATAN KOTA GORONTALO
Main Author: | LINA A. HUSAIN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411030/peran-guru-dalam-mengembangkan-motorik-halus-anak-pada-kegiatan-mencetak-kelompok-a-di-tk-negeri-pembina-sipatan-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Lina A. Husain, 2015. Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Pada Kegiatan Mencetak Kelompok A Di Tk. Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendididkan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd, dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Pada Kegiatan Mencetak Kelompok A di TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini yakni untuk menggambarkan peran guru dalam mengembangkan motorik halus pada kegiatan mencetak sehingga anak dapat berimajinasi dan melatih motorik halus anak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta tehnik pengumpulan data adalah Observasi, Wawancara, dan studi Dokumen. Sumber data adalah peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak pada kegiatan mencetak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan mencetak yang diberikan berjalan sesuai dengan harapan dan capaian perkembangan, terdapat tiga peran yang menjadi indikator dalam penelitian yaitu guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivasi, dan guru sebagai fasilitator. Kata kunci: peran guru, motorik halus anak.