faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B di TK Damhil kota gorontalo

Main Author: ANDIA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Di
B
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411008/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kemampuan-berbicara-anak-di-kelompok-b-di-tk-damhil-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Andia .2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B TK Damhil Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan pendidikan anak usia dini, FakultasIlmuPendidikan,Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I,Dr. Hj RuslinW.Badu,M.Pd., dan Pembimbing II, Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B TK Damhil Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif berupa deskriftif, dengan wawancara menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Sumber data adalah guru, data di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara anak di kelompok B TK Damhil Kota Gorontalo adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu : faktor yang berasal dari dalam diri individu antara lain Kondisi jasmani (fisik sehat),yaitu anak memiliki kelancaran berbicara Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan anak yang berjumlah 16 orang anak terdapat 50% yang mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks dan 18,7% tidak mampu menjawab pertanyaan dengan baik sedangkan 31,2% kurang mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks (2) Faktor eksternal: faktor eksternal yang terdapat dari luar individu seperti Anak yang memiliki lingkungan yang baik dapat menimbulkan minat berkomunikasi seperti lingkungan masyarakat, lingkungan yang baik dari tetangga maupun dari sekolah. Oleh karena itu lingkungan sangat mempengaruhi kemampuan berbicara anak, maka dari itu orang tua ataupun guru harus melati anak berbicara dengan baik. Berdasarkan hasil yang di lakukan oleh peneliti dengan anak yang berjumlah 16 orang anak terdapat 62,5% anak yang sudah mampu berkomunikasi secara lisan dan 12,5% anak yang tidak mampu berkomunikasi secara lisan sedangkan 12,5% kurang mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan. Kata kunci :kemampuan berbicara anak