Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Discovery pada Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo
Main Author: | NINGSIH HASAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153410105/meningkatkan-keterampilan-proses-sains-melalui-metode-discovery-pada-anak-kelompok-b-paud-mardatillah-i-limboto-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Ningsih Hasan 2014, Nim. 153 410 105, "Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Discovery pada Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris Panai, S.Pd.M.Pd dan Pembimbing II Pupung Puspa Ardini, S.Pd.M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini, adalah apakah metode Discovery dapat meningkatkan Keterampilan proses sains Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo melalui metode Discovery. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 25 orang terdiri dari anak laki-laki 11 orang dan perempuan 14 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk siklus setiap siklus dilakukan dalam 4 tahap penelitian yaitu : tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi, serta teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan keterampilan proses sains melalui metode Discovery pada siklus I mencapai 60% dari observasi awal, siklus II meningkat menjadi 92% dari hasil observasi awal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa melalui metode Discovery Keterampilan proses sains Anak Kelompok B PAUD Mardatillah I Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Metode Discovery