MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN GAMBAR SERI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK CERDAS CERIA KECAMATAN GENTUMA RAYA KABUPATEN GORONTALO UTARA

Main Author: YUNITA DAMAR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
B
Di
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153410094/meningkatkan-kemampuan-mengurutkan-gambar-seri-melalui-metode-demonstrasi-pada-anak-kelompok-b-di-tk-cerdas-ceria-kecamatan-gentuma-raya-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah pada penelitian ini, adalah apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan gambar seri pada anak kelompok B di TK Cerdas Ceria Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan gambar seri pada anak kelompok B di TK Cerdas Ceria Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Dari hasil persentase rata-rata, diperoleh peningkatan rata-rata (30%) dari observasi awal. Yakni dari 30% pada observasi awal meningkat menjadi 60% pada siklus I. Peningkatan ini terjadi, adanya kerjasama antara peneliti dengan pengamat dalam merancang pembelajaran, menyiapkan media dan alat pembelajaran, dan terutama menciptakan suasana yang kondusif. Selanjutnya pada siklus II diperoleh peningkatan rata-rata (50%) dari observasi awal. Yakni dari 30% pada observasi awal meningkat menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan ini pula terjadi, disebabkan anak termotivasi dengan media yang digunakan guru, di mana mereka tertarik untuk mengikuti pembelajaran mengurutkan gambar seri. Selain itu didasari oleh rasa ingin tahu anak. Di samping itu anak pula dirangsang dengan metode demonstrasi yang sangat sesuai dengan karakteristik perkembangan anak TK. Kata kunci : mengurutkan, gambar seri, metode demonstrasi