FAKTO-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN ANAK DALAM MENGENAL HURUF DI TK TUNAS HARAPAN KELOMPOK B KECAMATAN TILANGO KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | ZAENAB A. NG. MANO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153410072/fakto-faktor-yang-mempengaruhi-kesulitan-anak-dalam-mengenal-huruf-di-tk-tunas-harapan-kelompok-b-kecamatan-tilango-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK MANO, ZAENAB A. NG. MANO. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam mengenal huruf di TK Tunas Harapan Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dr. Ruslin Badu, M.Pd dan Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si sebagai pembimbing. Tujuan dari penelitian bermaksud untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam mengenal huruf di TK Tunas Harapan Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan melalui langkah observasi, penyajian data dan kesimpulan Hasil penelitian yang dilakukan melalui wawancara dengan guru dan orang tua anak menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam mengenal huruf adalah kurang optimalnya pemberian pembelajaran mengenal huruf pada anak oleh guru maupun orang tua, faktor lingkungan, maupun faktor ekonomi juga ikut berpengaruh. Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua murid dan para pendidik Berdasarkan keterangan hasil diatas disarankan adanya peningkatan pembelajaran dan perhatian juga interaksi atau komunikasi yang lebih dari orang tua dengan mengarahkan anak dalam belajar mengenal huruf. Kata kunci : mengenal huruf