Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik pada kegiatan bercerita kelompok B Di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo

Main Author: LIDYAWATI HARUN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
B
Di
Tk
Ii
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153410068/peran-guru-dalam-mengembangkan-kecerdasan-linguistik-pada-kegiatan-bercerita-kelompok-b-di-tk-mawar-ii-desa-tuladenggi-kecamatan-telaga-biru-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Lidyawati Harun. 2014. "Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik pada kegiatan bercerita kelompok B Di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo". Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Samsiah S.Pd,M.Pd, Pembimbing II : Meylan Saleh S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dibertujuan untuk peran guru dalam mengembangkan kecerdasan linguistik pada kegiatan bercerita di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan TelagaBiruKabupatenGorontalo.Tujuan penelitianiniadalahuntuk memperolehdatatentangsistimmengajargurudalammengembangkan kecerdasan linguistik khususnya dalam kegiatan bercerita masih kurang optimal, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, dimana hasil wawancara dari guru kelas akan dikemukakan dalam bentuk narasi. Subjek penelitian adalah 9 orang anak usia 5-6 Tahun di TK Mawar II Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor penyebab kegiatan bercerita belum optimal, yaitu: 1) Kurangnya media pembelajaran yang diberikan; 2) Pembelajaran yang diberikan kurang bervariasi; 3) Sebagian anak belum menguasai pengenalan-pengenalan isi cerita; 4) Tidak ada perhatian orang tua terhadap anak dirumah; 5) Anak masih ada yang datang terlambat di sekolah; 6) Kurangnya pemberian tugas pada anak. Kata Kunci: Kecerdasan Linguistik,Keegiatan Bercerita