Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Lisan Pada Anak Kelompok B TK Puncak Harapan 1Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

Main Author: FRIYANI KAIHA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
B
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153410062/peran-guru-dalam-mengembangkan-kemampuan-mengungkapkan-bahasa-lisan-pada-anak-kelompok-b-tk-puncak-harapan-1desa-daenaa-kecamatan-limboto-barat-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Friyani Kaiha. NIM 153410062. 2015. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Lisan Pada Anak Kelompok B TK Puncak Harapan 1 Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Dajani Suleman, M.Hum, Pembimbing II Samsiah S.Pd, M.Pd. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Lisan Pada Anak Kelompok B TK Puncak Harapan 1 Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Lisan Pada Anak Kelompok B TK Puncak Harapan 1 Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Lisan Pada Anak Kelompok B TK Puncak Harapan 1 Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meliputi tiga aspek yakni guru sebagai pembimbing, guru sebagai pengajar, dan guru sebagai model. Kesimpulan penelitian ini adalah Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengungungkapkan Bahasa Lisan Pada Anak Kelompok B TK Puncak Harapan 1 Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo telah dijalankan dengan baik walaupun masih terdapat sedikit kendala. Dimana telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya bahwa terdapat tiga peran guru yakni guru sebagai pembimbing, guru sebagai pengajar dan guru sebagai model. dalam menjalankan ketiga peran tersebut guru mengalami beberapa kendala diantara masih terdapat anak yang belum bisa meniru ekspresi wajah menghadapi anak yang tidak mau bersuara dan hanya diam jika guru bertanya. Kata Kunci : Peran Guru, Bahasa Lisan