Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo

Main Author: STEVI P. GOBEL
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
B
Di
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153410023/peran-guru-dalam-mengembangkan-kemampuan-berhitung-pada-anak-kelompok-b-di-tk-anggrek-mekar-kecamatan-limboto-barat-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Stevi Gobel. 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dilaksanakan melaui empat peran yakni peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator peran guru sebagai mediator dan peran guru sebagai evaluator. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Peran guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di TK Anggrek Mekar Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dilakukan melalui empat peran yakni : peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, peran gurusebagi mediator, peran guru sebagai evaluator. Kata Kunci: Guru, kamampuan berhitung