Mengembangkan Kemandirian melalui pendekatan Individual Pada Anak di Kelompok B TK Bogenvil Monas Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara
Main Author: | FINARTI PANGKO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409172/mengembangkan-kemandirian-melalui-pendekatan-individual-pada-anak-di-kelompok-b-tk-bogenvil-monas-kecamatan-monano-kabupaten-gorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Finarti Pangko, 2013. Nim. 153 409 172. "Mengembangkan Kemandirian melalui pendekatan Individual Pada Anak di Kelompok B TK Bogenvil Monas Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di TK Bogenvil Monas Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan individual dapat mengembangkan kemandirian anak kelompok B TK Bogenvil Monas Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara?, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemandirian anak kelompok B TK Bogenvil Monas Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dimana observasi menjadi pengumpul data utama saat pelaksanaan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dalam mengembangkan kemandirian melalui pendekatan individual pada anak Kelompok B TK Bogenvil Monas Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara, menunjukan bahwa setelah penelitian tindakan yang dilaksanakan pada siklus I perkembangan kemandirian anak mencapai rata-rata 41,31% atau meningkat 19,57% dari observasi awal, sementara pada siklus II perkembangan kemandirian anak mencapai rata-rata 78,26% atau meningkat 36,95% dai siklus I. penelitian tindakan ini dinyatakan telah berhasil karena penelitian yang dilaksanakan telah melampaui indikator kinerja yang ditetapkan 75% anak, dengan memperoleh perkembangan kemandirian anak rata-rata 78,26% atau 18 orang anak dari 23 orang anak di kelompok B TK Bogenvil Monas Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara telah mengalami perkembangan kemandirian Dengan demikian hipotesis tindakan yang menyatakan jika digunakan pendekatan individual maka kemandirian anak kelompok B TK Bogenvil Monas Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara dapat dikembangkan, dapat diterima. Kata Kunci: Kemandirian, Pendekatan Individual