Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: LYDIA UMBOH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
A
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409163/mengembangkan-kemampuan-berbicara-anak-melalui-pendekatan-kontekstual-pada-kelompok-a-tk-al-kautsar-desa-tolongio-kecamatan-anggrek-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • Lydia Umboh, 2013. Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Dapat dikembangkan melalui pendekatan kontekstual. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Melalui pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas, dengan observasi menjadi sumber data utama. Hasil pengamatan pada siklus 2 menunjukkan adanya perkembangan kemampuan berbicara anak secara signifikan. Untuk indikator mampu berbicara dengan kalimat sederhana mencapai 83,33% atau terjadi peningkatan sebesar 63,89% dari observasi awal, pada indikator mampu menyebutkan nama panggilan orang lain mencapai 88,89% atau terjadi peningkatan sebesar 58,33%, pada indikator mampu menyebutkan 2-3 nama benda mencapai 83,33% atau terjadi peningkatan sebesar 58,33% dari observasi awal dan pada indikator mampu mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa dan mengapa mencapai 88,89% atau terjadi peningkatan sebesar 58, 33%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Al-Kautsar Desa Tolongio Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, karena indikator kinerja yang ditetapkan sebesar 80% anak mengalami perkembangan kemampuan berbicara dapat dipenuhi. Kata Kunci: Perkembangan Berbicara, Pendekatan Kontekstual