Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Bentuk Geometri Dengan Menerapkan Sentra Balok Pada Anak Kelompok B Di Kelompok Bermain Mentari Desa Monano Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: NIRWAN UMAR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
B
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409160/meningkatkan-kemampuan-mengidentifikasi-bentuk-geometri-dengan-menerapkan-sentra-balok-pada-anak-kelompok-b-di-kelompok-bermain-mentari-desa-monano-kecamatan-monano-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nirwan Umar, 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Bentuk Geometri Dengan Menerapkan Sentra Balok Pada Anak Kelompok B Di Kelompok Bermain Mentari Desa Monano Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi bentuk geometri pada anak Kelompok B di Kelompok Bermain Mentari Desa Monano Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan dengan menerapkan sentra balok. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bentuk geometri dengan menerapkan sentra balok pada anak Kelompok B di Kelompok Bermain Mentari Desa Monano Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Diketahui bahwa pada siklus 1 pertemuan pertama peningkatan kemampuan mengidentifikasi bentuk geometri anak mencapai rata-rata 30% atau meningkat 15% dari observasi awal, pada siklus 1 pertemuan kedua peningkatan kemampuan mengidentifikasi bentuk geometri mencapai rata-rata 40% atau meningkat 10% dari siklus 1 pertemuan pertama. Sementara pada siklus 2 pertemuan pertama peningkatan kemampuan mengidentifikasi bentuk geometri mencapai rata-rata 57,5% atau meningkat 17,5% dari siklus 1 pertemuan kedua, pada siklus 2 pertemuan kedua peningkatan kemampuan mengidentifikasi bentuk geometri mencapai rata-rata 80% atau meningkat 22,5% dari siklus 2 pertemuan pertama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sentra balok yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bentuk geometri pada anak kelompok B di Kelompok Bermain Mentari Desa Monano Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara, karena indikator kinerja yang ditetapkan sebesar 75% anak mengalami peningkatan kemampuan mengidentifikasi bentuk bentuk geometri dapat dipenuhi Kata Kunci: Mengidentifikasi Bentuk Geometri, Sentra Balok