Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di Kelompok Bermain Tunas Ceria Desa Ilotunggula Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara

Main Author: SURIYATI R. NGAU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
B
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409154/peran-guru-dalam-mengembangkan-kecerdasan-naturalis-anak-kelompok-b-di-kelompok-bermain-tunas-ceria-desa-ilotunggula-kecamatan-tolinggula-kabupaten-gorontalo-utara.html
Daftar Isi:
  • SURIYATI R. NGAU. 2013. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di Kelompok Bermain Tunas Ceria Desa Ilotunggula Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Samsiar RivaI, S. Pd, M. Pd, Pembimbing II, Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan Kecerdasan Naturalis anak kelompok B di Kelompok Bermain Tunas Ceria Desa Ilotunggula Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data atau display data, mengambil kesimpulan, dan verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan Kecerdasan Naturalis anak kelompok B di Kelompok Bermain Tunas Ceria Desa Ilotunggula Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara secara umum belum maksimal yang ditunjukkan dengan peran guru sebagai perancang, guru sebagai pendidik, guru sebagai penggerak, guru sebagai evaluator, guru sebagai motivator, Terkait temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut : 1) Perlu dilakukan pengkajian yang lebih serius bagi guru dalam mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak, 2) Memasukkan kegiatan jalan-jalan di alam terbuka dalam program sekolah agar anak didik tidak merasa bosan dalam melakukan kegiatan pembelajaran, 3) Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan pengembangan Kecerdasan Naturalis anak. Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Naturalis anak