Peran Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Dalam Berbicara Pada Kelompok B Di Paud Mawar Indah Desa Potanga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara
Main Author: | ERNA BILANTUA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409142/peran-guru-dalam-mengembangkan-perilaku-sopan-santun-dalam-berbicara-pada-kelompok-b-di-paud-mawar-indah-desa-potanga-kecamatan-biau-kabupaten-gorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- Erna Bilantua. 2013. Peran Guru Dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Dalam Berbicara Pada Kelompok B Di Paud Mawar Indah Desa Potanga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru dalam mengembangkan perilaku sopan santun dalam berbicara pada anak kelompok B di Paud Mawar Indah Desa Potanga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara ?. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan perilaku sopan santun dalam berbicara pada anak kelompok B di Paud Mawar Indah Desa Potanga Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Metode dalam penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data hasil wawancara langsung dengan guru sebagai objek penelitian tentang peran guru dalam mengembangkan perilaku sopan santun dalam berbicara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara umum guru telah optimal dalam menerapkan 7 indikator peranan diantaranya (1) Peran Guru sebagai pendidik dan pembimbingan, (2) peran guru sebagai demonstrator, (3) peran guru sebagai mediator, (4) peran guru sebagai inspirator, (5) peran guru sebagai informator, (6) peran guru sebagai motivator dan (7) peran guru sebagai fasilitator. Kata Kunci : Peran Guru, Perilaku Sopan Santun, Anak Usia Dini