Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Sosiodrama di Kelompok Bermain Birulwalidayini 23 Januari Desa Boludawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango

Main Author: MEIKO LAILY
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
23
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409105/meningkatkan-kecerdasan-interpersonal-melalui-metode-sosiodrama-dikelompok-bermain-birulwalidayini-23-januari-desa-boludawa-kecamatan-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini apakah kecerdasan interpersonal pada anak di Kelompok Bermain Birulwalidayini 23 Januari Desa Boludawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode sosiodrama? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak di Kelompok Bermain Birulwalidayini 23 Januari Desa Boludawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode sosiodrama. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anak Kelompok Bermain Birulwalidayini 23 Januari Desa Boludawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango yang jumlah siswanya 20 orang, yang terdiri dari laki-laki 12 orang dan perempuan 8 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk dua siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus I dibahas pada siklus II.Dari hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut terlihat bahwa kecerdasan interpersonal di Kelompok Bermain Birulwalidayini 23 Januari Desa Boludawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui metode sosiodrama. Peningkatan tersebut dicapai secara bertahap yaitu; pada observasi awal, hanya 40 % atau 8 orang anak yang memiliki yakni kecerdasan interpersonal yang diharapkan, pada siklus I terjadi peningkatan manjadi 60 % atau 12 orang anak yang memiliki yakni kecerdasan interpersonal yang diharapkan, dan pada siklus II mencapai 85 % atau 17 orang anak yang memiliki yakni kecerdasan interpersonal yang diharapkan. Dengan demikian,anak yang belum dapat memperlihatkan yakni kecerdasan interpersonal yang diharapkan hingga akhir penelitian ini sebanyak 3 orang. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Metode Sosiodrama.