MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B PAUD NURHIDAYATULLAH DESA PILOHAYANGA BARAT KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | WARDA HUSAIN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409099/meningkatkan-keterampilan-sosial-melalui-metode-bermain-peran-pada-anak-kelompok-b-paud-nurhidayatullah-desa-pilohayanga-barat-kecamatan-telaga-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah Desa Pilohayanga Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah melalui metode bermain peran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan sumber data 3 orang guru dan seluruh anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah melalui metode bermain peran. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil penelitian dan pembahasan yaitu pada siklus I, ada 13 anak (65%) dari 20 anak yang sudah memiliki keterampilan sosial dibandingkan pada observasi awal hanya 45% anak yang sudah memiliki keterampilan sosial. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 17 anak (85%) dari 20 anak yang ada pada kelompok B PAUD Nurhidayatullah kecamatan Telaga. Berdasarkan pelaksanaan kedua siklus tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial anak kelompok B PAUD Nurhidayatullah melalui metode bermain peran dapat ditingkatkan. Kata kunci : Keterampilan Sosial, Metode Bermain Peran