PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN METODE MULTISENSORI DI KELOMPOK B TK PATRIOTIK DESA BUBE BARU KECAMATAN SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | YULIANA LATIF |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409069/peran-guru-dalam-mengembangkan-metode-multisensoridi-kelompok-b-tk-patriotik-desa-bube-barukecamatan-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- Yuliana Latif, 2014. Peran Guru Dalam Mengembangkan Metode Multisensori di Kelompok B TK Patriotik Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : "Bagaimanakah peran guru dalam mengembangkan metode multisensori di Kelompok B Tk Patriotik Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan metode multisensori di Kelompok B TK Patriotik Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Lokasi penelitian adalah TK Patriotik Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Materi wawancara menyangkut peran guru dalam mengembangkan metode multisensori. Informan penelitian adalah guru di TK Patriotik Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian di peroleh bahwa peran guru dalam mengembangkan metode multisensori di Kelompok B TK Patriotik sudah baik. Peran tersebut diwujudkan dengan memberikan pembelajaran yang bermakna dan member kesempatan kepada anak untuk bisa bereksplorasi terhadap apa yang di pelajari. Kata kunci : Peran Guru, Metode Multisensori