Peran Guru dalam Menanamkan Konsep Sains Sederhana pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo
Main Author: | IYAM DAUD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409060/peran-guru-dalam-menanamkan-konsep-sains-sederhana-pada-anak-kelompok-b-di-tk-negeri-pembina-kecamatan-sipatana-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Iyam Daud. 2013 Nim 153 409 060. Peran Guru dalam Menanamkan Konsep Sains Sederhana pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan I, Dr. Rusdin Djibu M.Pd dan bimbingan II, Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah Peran Guru dalam Menanamkan Konsep Sains Sederhana pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan Peran Guru dalam Menanamkan Konsep Sains Sederhana pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data primer 6 (enam) orang guru, serta seluruh orang anak didik dan sumber data sekunder berupa dokumen, tulisan serta arsip-arsip yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan pengumpulan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru dalam Menanamkan Konsep Sains Sederhana pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo sudah optimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil kesimpulan wawancara menginformasikan bahwa kemampuan guru dalam kemampuan anak dalam penguasaan pengenalan konsep sains sederhana sudah meningkat. Esensi peran guru dalam menanamkan konsep sains sederhana pada anak semuanya bermuara ke dalam intern pribadi guru. Guru merupakan sumber keteladanan dalam pengembangan kepribadian peserta didik. Kepribadian guru berpengaruh pada kesuksesan anak usia dini dalam pembelajaran. Untuk itu seorang guru dituntut benar-benar mempunyai kompetensi kepribadian yang mantap, agar menghasilkan anak didik yang berkualitas. Kata kunci : Peran Guru, Konsep Sains Sederhana