Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Film Animasi Kelompok B TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango

Main Author: SARLIN BULONGGODU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
B
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409055/meningkatkan-kemampuan-menyimak-anak-melalui-film-animasi-kelompok-b-tk-sukma-kecamatan-kabila-bone-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • Sarlin Bulonggodu. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Film Animasi Kelompok B TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Fakultas Universitas Negeri Gorontalo Program SI PAUD, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak anak dalam menyimak di TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B melalui film animasi di TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis dalam penelitian ini jika pendidik menggunakan film animasi dalam proses pembelajaran maka dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Indikator kinerja penelitian yaitu apabila anak yang memiliki kemampuan menyimak dapat ditingkatkan dari 25% menjadi 85% dari keseluruhan anak yang berjumlah 20 orang anak. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak anak TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui film animasi dimana diperoleh hasil pada siklus I adalah 45%, siklus II adalah 65% dan hasil penelitian pada siklus II adalah 85%. Kata kunci : Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Film Animasi.