Peran Guru Dalam Menanamkan Budaya Bersih Pada Anak di PAUD AL-Falah Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | MASNI MOHAMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409052/peran-guru-dalam-menanamkan-budaya-bersih-pada-anak-di-paud-al-falah-desa-butu-kecamatan-tilongkabila-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masni Mohamad, NIM. 153 409 052."Peran Guru Dalam Menanamkan Budaya Bersih Pada Anak di PAUD AL-Falah Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan budaya bersih pada anak di PAUD Al-falah Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango.. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan temuan-temuan penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa guru telah berperan dengan baik, terutama dalam mendidik, membimbing, memberikan motivasi dan sebagai model/teladan bagi anak untuk dapat menanamkan budaya bersih di PAUD Al-Falah Desa Butu Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, dan peran tersebut diwujudkan dengan berbagai upaya yaitu guru memberikan pendidikan yang baik seperti menjadi contoh teladan bagi anak agar anak dapat meniru apa yang dilakukan guru. Guru berpenampilan rapi dan bersih datang ke sekolah, selalu menjaga kebersihan kelas dan halaman sekolah. Semua yang dilakukan guru pasti akan ditiru oleh anak. Guru memberikan pendekatan, bimbingan dan nasehat pada anak apabila anak berperilaku yang tidak baik, Dengan semua upaya tersebut maka akan menjadikan anak cinta akan kebersihan. Kata Kunci: Peran Guru, Budaya Bersih.