Meningkatkan Kemampuan Membaca Al - Qur'an Melalui metode Iqro pada anak kelompok B di Rhaudhatul Athfal (RA) Perwanida Al - Ikhlas Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo
Main Author: | RIRIN PODUNGGE |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153409037/meningkatkan-kemampuan-membaca-al-quran-melalui-metode-iqro-pada-anak-kelompok-b-di-rhaudhatul-athfal-ra-perwanida-al-ikhlas-kecamatan-sipatana-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ririn podungge, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al - Qur'an Melalui metode Iqro pada anak kelompok B di Rhaudhatul Athfal (RA) Perwanida Al - Ikhlas Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo, Pembimbing I Dr Rusdin Djibu M.Pd, dan Pembimbing II Samsiah S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah melalui Metode Iqro dapat meningkatkan kemampuan membaca Al - Qur'an anak kelompok B di Rhaudhatul Athfal (RA) Perwanida Al - Ikhlas Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca Al - Qur ' an melalui metode Iqro pada Anak Kelompok B di Rhaudhatul Athfal (RA) Perwanida Al - Ikhlas Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan kemampuan membaca Al - Qur'an anak RA Perwanida Al - Ikhlas Kecamatan Sipatan Kota Gorontalo. Hasil penelitian Observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al - Qur'an Anak masih sangat rendah. Hal ini Nampak data observasi yang diperoleh dari 20 orang anak RA Perwanida Al - Ikhlas hanya 6 orang anak atau 30 % yang dapat kemampuan membaca, namun setelah dilaksanakan tindakan siklus I maka diperoleh data 11 anak atau 55 % yang sudah memiliki kemampuan membaca, dan pada siklus II meningkat menjadi 90 % . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Iqro dapat meningkatkan kemampuan membaca Al - Qur'an anak RA Perwanida Al - Ikhlas Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Oleh karena itu metode Iqro dijadikan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan membaca Al - Qur'an anak RA . Kata Kunci : Kemampuan Membaca Al - Qur'an, Metode Iqro