Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Karyawisata Di Paud Al-Amin Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo

Main Author: RISNAWATI HULINGGI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153408374/meningkatkan-kemampuan-bahasa-ekspresif-anak-melalui-metode-karyawisata-di-paud-al-amin-kecamatan-wonosari-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • Risnawati Hulinggi, (2012) Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Karyawisata Di Paud Al-Amin Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan Pembimbing II Moh. Zubaidi, S.Pd. M.Pd. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di PAUD Al-Amin Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Kelas yang dikenai tindakan adalah kelas B yang rata-rata berumur 3-4 tahun dengan jumlah anak 20 orang yang terdiri dari 9 orang anak laki-laki dan 15 orang anak perempuan dengan kemampuan siswa yang heterogen. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan bahasa ekspresif anak melalui metode karyawisata di PAUD Al-Amin Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan dari observasi awal sebesar 21,6% yang masuk dalam kategori mampu meningkat menjadi 42,5%, sementara untuk anak yang tidak mampu berdasarkan observasi awal sebesar 78,3% turun menjadi 57,5% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II terjadi peingkatan yang sangat signifikan yakni sebesar 80% yang termasuk dalam kategori mampu sementara untuk anak yang tidak mampu sebesar 20% saja. Jadi pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II terdapat peningkatan kemampuan anak yang signifikan denngan menggunakan metode karyawisata. Dengan demikian hipotesis penelitian jika guru menggunakan metode karyawisata maka kemampuan anak dapat meningkat telah diuji dengan benar dan dapat diterima. Kata Kunci: Metode Karyawisata, Bahasa Ekspresif Anak