MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP PENJUMLAHAN SEDERHANA MELALUI TEKNIK BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK CEMERLANG PANGGULO KECAMATAN BOTUPINGGE KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | SALMA HASAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153408186/meningkatkan-pengenalan-konsep-penjumlahan-sederhana-melalui-teknik-bernyanyi-pada-anak-kelompok-a-di-tk-cemerlang-panggulo-kecamatan-botupinggekabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- Salma Hasan, NIM. 153 408 186. Meningkatkan Pengenalan Konsep Penjumlahan Sederhana Melalui Teknik Bernyanyi Pada Anak Kelompok A di TK Cemerlang Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI,S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Rapi Us.Djuko,M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah apakah teknik bernyanyi dapat meningkatkan pengenalan konsep penjumlahan sederhana pada anak kelompok A TK Cemerlang Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningktakan pengenalan konsep penjumlahan sederhana melalui teknik bernyanyi pada anak kelompok A TK Cemerlang Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bonebolango Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 20 Orang terdiri dari anak laki-laki 9 orang dan perempuan 11 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan diperoleh hasil dari observasi awal, anak yang memiliki kemampuan dalam pengenalan konsep penjumlahan sederhana 8 orang (40%), menjadi 9 orang (45%) pada siklus I pertemuan pertama, selanjutnya pada siklus I pertemuan kedua diperoleh 10 orang (52,5%). Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh peningkatan menjadi 15 orang anak (72,5%) dan pada siklus II pertemuan kedua diperoleh 16 orang anak (80%). Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti dengan menggunakan teknik bernyanyi, pengenalan konsep penjumlahan sederhana pada anak kelompok A TK Cemerlang Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata kunci: Konsep Penjumlahan, Teknik Bernyanyi