MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR SAINS SEDERHANA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD KINANTI KEL. BULOTA KEC. LIMBOTO KAB. GORONTALO

Main Author: RISNAWATI A. PAKAYA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
B
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153408176/meningkatkan-kemampuan-dasar-sains-sederhana-melalui-pendekatan-keterampilan-proses-pada-anak-kelompok-b-di-paud-kinantikel-bulota-kec-limbotokab-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Risnawati Pakaya 2012. NIM: 153408176. Meningkatkan Kemampuan Dasar Sains Sederhana Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Anak Kelompok B PAUD Kinanti Kel. Bulota Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Abdul. Haris PanaI, M.Pd. Pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan dasar sains sederhana pada anak kelompok B di PAUD Kinanti Bulota Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar sains sederhana melalui pendekatan keterampilan proses pada anak kelompok B di PAUD Kinanti Bulota Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian 20 orang anak kelompok B di PAUD Kinanti Bulota Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi dengan analisis data prosentase. Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal 5 orang anak (25%) memiliki kemampuan dasar sains sederhana rendah. Siklus I, 9 orang anak (45%) memiliki kemampuan dasar sains sederhana masih cukup. Pada siklus II, mengalami peningkatan menjadi 15 orang anak (75%). Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang telah dikumpulkan melalui hasil penelitian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Kemampuan Dasar Sains Sederhana Pada Anak Kelompok B di PAUD Kinanti Bulota Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui Pendekatan Keterampilan Proses, berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci: Kemampuan Dasar Sains Sederhana, Keterampilan Proses.