MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SECARA LISAN MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B TK INDRIA HELBAT KOTA TIMUR KOTA GORONTALO
Main Author: | LUSI M. HAMID |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153408107/meningkatkan-kemampuan-berkomunikasi-secara-lisan-melalui-metode-bernyanyi-pada-anak-kelompok-b-tk-indria-helbat-kota-timur-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Lusi M. Hamid. NIM. 153408107. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B TK Indria Helbat Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, S.Pd.,M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah kemampuan komunikasi lisan anak kelompok B dapat ditingkatkan melalui metode bernyanyi di TK Indria Helbat Kota Timur Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan anak kelompok B melalui metode bernyanyi di TK Indria Helbat Kota Timur Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua tahapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berkomunikasi secara lisan pada anak kelompok B di TK Indria Helbat Kota Timur Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bernyanyi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Metode bernyanyi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara lisan pada anak kelompok B TK Indria Helbat Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. (2) Pada siklus I pertemuan I kemampuan berkomunikasi secara lisan anak kelompok B TK Indria Helbat rata-rata mencapai 12 orang (60%) yang mampu dan 8 orang (40%) yang belum mampu. (3) Pada siklus I pertemuan II kemampuan berkomunikasi secara lisan anak kelompok B TK Indria Helbat rata-rata mencapai 13 orang (65%) yang mampu dan 7 orang (35%) yang belum mampu. (4) Pada siklus II pertemuan I kemampuan berkomunikasi secara lisan anak kelompok B TK Indria Helbat rata-rata mencapai 14 orang (70%) yang mampu dan 6 orang (30%) yang belum mampu. (5) Pada siklus II pertemuan II kemampuan berkomunikasi secara lisan anak kelompok B TK Indria Helbat rata-rata mencapai 17 orang (85%) yang mampu dan 3 orang (15%) yang belum mampu Kata Kunci: Berkomunikasi Lisan, Metode Bernyanyi