MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN WARNA MELALUI TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTINI TOTO SELATAN KECAMATAN KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: HASMIN PAKAYA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
B
Di
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153408073/meningkatkan-kemampuan-pengenalan-warna-melalui-teknik-kolase-pada-anak-kelompok-b-di-tk-kartini-toto-selatan-kecamatan-kabila-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • Hasmin Pakaya. NIM. 153 408 073. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Warna Melalui Teknik Kolase Pada Anak Kelompok B TK Kartini Toto Selatan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd., M.Pd. dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah kemampuan pengenalan warna anak kelompok B dapat ditingkatkan melalui teknik kolase di TK Kartini Toto Selatan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengenalan warna anak kelompok B melalui teknik kolase di TK Kartini Toto Selatan Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dua tahapan. Peningkatan kemampuan mengenal warna melalui teknik kolase pada anak kelompok B ditinjau dari aspek menyebutkan warna yang akan ditempel dan ketepatan menempel warna yang tertulis pada pola gambar setelah dilakukan tindakan kelas siklus I tahap I terdapat 12 anak (60%) yang mampu dan setelah diaksanakan kegiatan siklus I tahap II meningkat menjadi 13 anak (65%) yang mampu. Kemampuan mengenal warna melalui teknik kolase pada anak kelompok B setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II terjadi peningkatan. Peningaktan kemampuan mengenal warna ditinjau dari aspek menyebutkan warna yang akan ditempel setelah dilakukan tindakan kelas siklus II tahap I meningkat menjadi 14 anak (70%) yang mampu dan setelah diaksanakan kegiatan siklus II tahap II meningkat menjadi 16 anak (80%) yang mampu. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik kolase dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan warna pada anak kelompok B di TK Kartini Toto Selatan Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci: Pengenalan Warna, Teknik Kolase