PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MAGIC SCIENCE EXPERIMENT MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VI SDN 106 KOTA UTARA KOTA GORONTALO

Main Author: MUHAMAD TASLIM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Ipa
Dan
Di
Vi
Sdn
106
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151414110/pengembangan-media-pembelajaran-ipa-berbasis-magic-science-experiment-materi-energi-dan-perubahannya-di-kelas-vi-sdn-106-kota-utara-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Taslim, Muhamad. 2018. Pengembangan Media pembelajaran IPA Berbasis Magic Science Experiment Materi Energi Dan Perubahannya Di Kelas VI SDN 106 Kota Utara Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pembimbing I Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi 1) Bagaimanakah model konseptual media pembelajaran IPA berbasis Magic Science Experiment materi energi dan perubahannya di kelas VI SDN 106 Kota Utara yang akan dikembangkan 2) Bagaimanakah kondisi objektivitas media pembelajaran IPA berbasis Magic Science Experiment materi energi dan perubahannya di kelas VI SDN 106 Kota Utara Kota yang akan dikembangkan, 3) Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Magic Science Experiment materi energi dan perubahannya di kelas VI SDN 106 Kota Utara yang akan dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) model konseptual media media pembelajaran IPA berbasis Magic Science Experiment materi energi dan perubahannya di kelas VI SDN 106 Kota Utara yang akan dikembangkan, 2) kondisi objektivitas media pembelajaran IPA berbasis Magic Science Experiment materi energi dan perubahannya di kelas VI SDN 106 Kota Utara yang akan dikembangkan, 3) mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Magic Science Experiment materi energi dan perubahannya di kelas VI SDN 106 Kota Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 106 Kota Utara dengan jumlah 20 siswa. Hasil pengembangan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi ahli media, ahli materi, ahli psikologis, dan ahli praktisi dengan total skor 90,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran IPA berbasis magic science experiment materi energi dan perubahannya yang dikembangkan layak digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran IPA, Berbasis Magic Science Experiment. ABSTRACT Taslim, Muhamad. 2018. The Development of Magic Science Experiment Based-Natural Sciences Learning Media on Energy Learning Material and Its Changes at Grade VI, Elementary School 106 Kota Utara, Gorontalo City. Undergraduate Thesis, department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Co-Supervisor: Dr. Isnanto, S.Pd, M.Pd. This research is intended to find out (1) the conceptual model, (2) the objectivity, and the (3) development of Magic Science Experiment based-natural sciences learning media on Energy learning material and its changes at grade VI, Elementary School 106 Kota Utara, Gorontalo City; this purpose is formulated based on this research problem. This research involved 20 students in obtained from validity result of media experts, learning material experts, psychologists, and practitioners with the total score 90,5. It is concluded that Magic Science Experiment based-natural sciences learning media on Energy learning material and its changes is proper to use. Keywords: Natural Sciences Learning Media, Magic Science Experiment-Based.