Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pengukuran Waktu Pada Siswa Kelas V SDN 3 Tilango Kabupaten Gorontalo
Main Author: | NURJANA A.YUSUP |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151414104/analisis-kemampuan-menyelesaikan-soal-cerita-pengukuran-waktu-pada-siswa-kelas-v-sdn-3-tilango-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yusup. Nurjana A. 2018 Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pengukuran Waktu Pada Siswa Kelas V SDN 3 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd Dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd.M.Pd. Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pengukuran waktu pada siswa kelas V SDN 3 Tilango Kabupaten Gorontalo ?. Tujuan penelitian adalah menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pengukuran waktu. Hasil penelitian menunjukan, analisis kebenaran jawaban terdapat 51,5 % benar dan 48,5 % jawaban yang salah. Kemampuan siswa ditujukan dengan nilai rata-rata kelas 67,7 %. Siswa mengalami kesulitan dalam hal mengalami isi soal cerita sebanyak 9,5 % siswa, menerjemahkan isi soal cerita ke dalam kalimat matematika sebanyak 0,5 % siswa, menyelesaikan kalimat matematika sebanyak 12 % siswa, dan menguji kembali kebenaran jawaban yang diberikan sebanyak 16 %. Siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM dengan kriteria mampu sebanyak 11 siswa dan siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM dengan kriteria belum mampu sebanyak 9 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang belum dapat menjawab soal, kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pengukuran waktu masih rendah dan siswa mengalami kesulitan yang berfariasi.