Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 4 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo

Main Author: FATRA TOLINGGUHU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Dan
Ipa
Di
V
Sdn
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151414001/penerapan-model-quantum-learning-untuk-meningkatkan-motivasi-dan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ipa-di-kelas-v-sdn-4-telaga-jaya-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fatra Tolingguhu, 151414001. 2017 Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 4 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Pembimbing I Prof.Dr.H. Abd. Haris Panai M.Pd dan Pembibmbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd M.Si. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah. Apakah penerapan model quantum learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 4 Telaga Jaya? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V dengan menggunakan model Quantum Learning. Hipotesis yang diajukan dalam penelitin ini yaitu " Jika dalam pembelajaran IPA materi alat pernapasan manusia digunakan model Quantum Learning, maka motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Telaga Jaya dapat meningkat. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Quantum Learning, motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi alat pernapasan manusia meningkat. Hal ini ditunjukan oleh hasil observasi pada pembelajaran tentang indikator motivasi dan hasil telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kata kunci : Motivasi, Hasil Belajar IPA, Model Quantum Learning.